Belajar Investasi Saham Bagi Pemula

Artikel ini sengaja saya buat untuk Anda yang ingin mencari informasi mengenai investasi saham. Tujuan saya membagikan informasi ini supaya pasar modal kita tidak terus menerus dikuasai oleh pemodal asing dan setiap warga indonesia bisa ikut menikmati juga keuntungan dari perusahaan yang beroprasi di negara kita dan tidak terus menerus hanya menjadi pekerja saja. 

Sebelum mulai berinvestasi saham pertama kita harus memiliki rekening saham. Rekening ini berbeda dengan rekening tabungan atau deposito. Untuk membuka rekening saham ini kita membutuhkan beberapa syarat diantaranya kartu identitas, NPWP, dan rekening tabungan. Pembukaan rekening ini dilakukan di securitas, bisa langsung datang ke scuritas atau bila lokasi kita jauh maka scuritas bisa mengirimkan formulir dan kita bisa lengkapi dari rumah.

Belajar Investasi Saham Bagi Pemula
image : 2cool.wordpress.com


Setelah memiliki rekening efek belajar investasi saham bagi pemula bisa dimulai. Sebelum memulai berinvestasi membeli saham pertama kita harus mengetahui apa tujuan kita membeli saham. Apakah untuk investasi ataukah untuk trading karena kedua pilihan tersebut akan membutuhkan tehnik analisa yang berbeda saat membeli. Mengetahui saham apa yang kita beli. Misalnya kita ingin membeli saham bank BRI ( BBRI ) kita harus tahu alasannya mengapa kita membeli saham tersebut apakah karena perusahaannya bagus ataukah karena tehnikalnya bagus, kembali lagi ketujaun awal ingin investasi atau trading. Saat ini banyak sekali orang merekomendasikan membeli saham tertentu dan jika Anda mendapatkan rekomendasi tersebut tanyakan alasannya mengapa harus membeli saham itu jika belum bisa menganalisa sendiri.

Tahap selanjutnya adalah berapa modal Anda? misal kemampuan modal yang kita miliki adalah 10 juta dengan tujuan trading, maka kita harus melakukan diversivikasi modal atau membaginya. Jangan menempatkan modal 100% pada satu saham, buat komposisi 25% atau 30% persaham.  Jika kemampuan modal Anda 5jt  jangan sekali kali berhutang untuk menambahnya. Jika tujuannya adalah investasi tidak jauh berbeda dengan trading bagi modal menjadi tiga atau empat saham dan tambah terus secara berkala modal tersebut secara rutin. Tujuan dari membagi modal ini adalah untuk mengurangi resiko modal hilang semua saat perusahaan mengalami kejadian buruk.

Langkah selanjutnya adalah memilih saham yang bagus. Pasti Anda bertanya tanya, bagaimana memilih saham yang bagus saya ini pemula. Perlu diketahui saham yang dijual dibursa efek indonesi a umumnya dibagi menjadi tiga dianteanya saham bleuchip, saham lapis kedua, dan saham gorengan. Saham blue chip adalah saham saham perusahaan besar yang kinerjanya bagus struktur modalnya bagus dan sudah mapan biasanya saham saham ini tidak pernah atau sangat jarang keluar dari grup saham LQ 45 ( daftar 45 saham liquit dibursa ) memang saham saham ini terus diupdate namun ada saham yang tidak pernah keluar dari daftar tersebut seperti BBRI, BBCA, ASII, UNVR, BMRI dan beberapa saham lain yang bisa Anda brosing sendiri. Saham lapis kedua adalah saham yang memiliki struktur modal yang lumanya baik dan lumayan mapan namun jika Anda investor pemula tidak disarankan membeli saham saham lapis kedua. Yang terakir saham gorengan ini adalah saham saham dengan stuktur modal kecil dan harga sahamnya sering naik turun tidak jelas. Pemula disarankan untuk tidak membeli saham ini karena sangat beresiko mencetak rugi yang besar.

Setelah melakukan langkah tersebut dan Anda sudah membeli saham yang sudah dipilih selanjutnya adalah memantau. Jika tujuannya tading tentu harus memantau tehnikalnya apakan harga sudah target profit ataukah harga harus cut lose. Jika untuk investasi pantau laporan keuangnya laporan kuangan ini biasanya diterbitkan pertiga bulan.

Jika semua proses tersebut sudah dijalankan maka selanjutnya adalah terus belajar dan menambah pengetahuan dan meningkatkan diri dari investor saham pemula menjadi investor saham profesiona. Itulah penjelasan mengenai belajar investasi saham bagi pemula. Jika ada pertanyaan atau sesuatu yang kurang jelas silahkan sampaikan dikolom komentar saya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan atau menerima tambahan saran.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Belajar Investasi Saham Bagi Pemula

0 komentar:

Posting Komentar

Follow by Email