Berapa Besar Modal Investasi Saham Di Bursa Efek Indonesia

Berapa besar modal investasi saham? itu selalu menjadi pertanyaan setiap orang yang baru mengenal pasar modal. Kebanyakan orang mengira untuk investasi saham itu haruslah memiliki modal puluhan juta ratusa atau bahkan milyaran rupiah. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut saya akan mencoba sedikit bercertia sedikit mengenai saham yang masih banyak orang awam belum mengetahiunya.

Sesuai dengan wikipedia saham adalah adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Di Indonesia sendiri saham diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia yang lebih populer dengan sebutan BEI, melalui pedagang perantara efek yang disebut securitas. Setiap orang bisa membeli saham dengan syarat memiliki rekening efek disecuritas dan memiliki moda investasi.

Modal Investasi Saham


Saham sendiri diperdagangkan satuan lot. Saat ini bursa efek indonesia memberlakukan aturan satu lot saham adalah 100 lembar. Beberapa tahun lalu satu lot saham jumlahnya adalah 500 lembar. Sedangkan harga saham sendiri bervariasi mulai 1 rupiah hingga tidak terbatas, namun dipasar reguler, harga jual beli saham saat ini dibatasi dengan harga terendah adalah 50 rupiah perlembar saham yang biasa disebut batas auto rijection bawah. Jadi dari sini kita bisa menghitung berapa besar modal investasi saham.

Misalnya saja kita ingin membeli satuan terkecil saham yaitu 1 lot dengan harga saham 50 rupiah maka modal yang kita butuhkan adalah Rp50 x 100 lembar = Rp 5000,- saja. Jangan kaget karena itulah kenyataannya modal investasi saham itu sangatlah kecil. Jadi modal investasi saham bisa dibuat rumus sebagai berikut ( MODAL SAHAM = Harga Saham x Jumlah Lot x 100 ). Namum perlu dicatatat karena kita berinvestasi harus memiliki rekening efek dan rekening efek itu diregestrasi oleh securitas maka ada saldo minimal untuk setoran pertama pengakitifan rekening efek seperti pembukaan tabungan. Nilai nya bervariasi yaitu mulai dari Rp 100.000,- hingga beberapa puluh juta tergantung kebijakan masing masing securitas. Tapi jangan kwatir uang untuk pengaktifan rekening tersebut tidak hilang tetapi langsung bisa ditransaksikan menjadi modal investasi kita.

Berminat investasi saham kerena modalnya ternyata kecil, segera saja. Selain modal kecil beriinvestasi saham itu memiliki banyak keuntungan. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berapa Besar Modal Investasi Saham Di Bursa Efek Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Follow by Email