Mau Tahu Cara Membaca Saham

Jika Anda masih awam mengenai pasar modal mungkin artikel ini bisa membantu sedikit memberi pencerahan bagaimana sebenarnya cara membaca saham. Isi artikel ini tidak ada dikurikulum sekolahan dan bangku kuliah manapun terkecuali kita mengikuti program sekolah pasar modal yang diselenggarakan oleh BEI. Pengetahuan ini sangat penting sebagai dasar utama jika ingin terjun menjadi investor di bursa efek manapun di muka bumi ini. Cara membaca saham dibagi menjadi dua cara yaitu membaca saham secara Technical dan membaca saham secara Funda mental. Berikut ini penjelasannya.

Cara Membaca Saham

Membaca saham secara technikal


Membaca saham secara tehnikal sering digunkan olah para trader. Mereka menggunakan tehnikal indikator saham untuk menentukan kapan momentum yang tepat untuk mengambil posisi buy dan posisi sell. Tujuannya adalah untuk mendapatkan profit maksimal. Lalu apakah tehnical indikator itu sendiri? Tehnikal indikator meliputi Moving Avarage, Support Resistance, Candle Stik, Chart Patern, Eliot Wafe, Volume Transaksi, MACD, Stockhostik, Bongilerband, dan masih banyak lagi yang lain. Kelemahan tehnik ini adalah kita hanya mengetahui momentum kapan beli dan kapan jual tetapi tidak tahu apakah saham perusahaan tersebut bagus atau jelek.

Membaca saham secara fundamental


Cara yang kedua ini biasa digunakan oleh trader maupun investor. Dengan tehnik membaca saham menggunakan fundamental kita bisa mengetahui seperti apakah sebenarnya perusahaan tersebut, berapa utangnya, berapa untung atau ruginya, berapa asetnya, berapa harga wajar sahamnya. Cara ini sangat efektiv untuk mengetahui perusahaan tersebut sedang bagus, biasa aja, ataukah sedang sakit. Metode ini biasanya menganalisa tentang PBV, ROE, ROA, EPS, DER, Growth dan management perusahaan. Metode ini digunakan para investor untuk mendapatkan perusahaan bagus dengan harga saham murah, dan pertumbuhan yang tinggi dan trader menggunakan metode ini supaya tidak terjebak membeli saham saham perusahaan yang sedang sakit. 

Sarana yang digunakan untuk membaca fundamental sebuah perusahaan adalah laporan keuangan. untuk mendapatkan laporan keuangan sebuah perusahaan yang go public di bursa efek indonesia kita bisa dapatkan di laman penyampaian laporan keuangan BEI. Laporan keuangan ini biasanya dibagi menjadi laporan kuangan kwartalan dan laporan keuangan tahunan.

Itulah dua cara membaca saham yang bisa digunakan oleh trader dan investor dimuka bumi ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mau Tahu Cara Membaca Saham

0 komentar:

Posting Komentar

Follow by Email